HOME

Sabtu, 06 Desember 2014

ZOOMING



     Zooming adalah teknik untuk memberi kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa. Teknik ini mutlak membutukan lensa zoom, karena perubahan panjang fokus hanya bisa dilakukan dengan lensa zoom. Dalam Foto zooming terkesan gambar yang blur seakan bergerak menuju / membuyar dari satu area fokus. Teknik ini berbeda den
gan Panning. Sebab dalam prakteknya, teknik zooming hanya bisa dilakukan dengan lensa zoom.
     Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
  1. Atur pada kecepatan rendah. Biasanya tidak lebih dari 1/30, tapi itu tidak mutlak terganrung pada sang fotografer. Alasannya untuk mengaburkan objek pada selain area fokus.
  2. Sebaiknya gunakan tripod untuk menjaga fokus agar maksimal. Karena foto zooming adalah hasil dari penggerak zoom lensa baik secara zoom in maupun zoom out saat shutter ditekan. Disini diperlukan peselarasan antara tekanan shutter dan zoom yang digerakan secara bersamaan untuk menghasilkan harmoni yang diinginkan.
  3. Guna memperoleh kesan zooming yang menarik, kita juga harus pandai memilih background yang memiliki kontras dan banyak warna. Juga komposisi objek yang menjadi fokus sebaiknya berada di tengah background tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar